Kapal Pesiar Norwegia menabrak gunung es di lepas pantai AS di dekat Alaska

Foto kapal pesiar Norwegian Sun terikat di dermaga.

Norwegian Sun: Duduk saja di dermaga teluk.
Foto: Sam Greenwood (Gambar Getty)

Pernahkah Anda mendengar cerita tentang kapal laut yang menabrak gunung es di lepas pantai Amerika Utara? Tidak, bukan yang itu. Yang tentang kapal Norwegian Cruise Line (NCL) yang menabrak ‘berg dan terpaksa memotong sekelompok perjalanan liburan?

Nah itulah yang terjadi di lepas pantai Alaska minggu lalu. Dioperasikan NCL kapal sedang berlayar dari Seattle ke Alaska untuk tur sembilan hari di kawasan gletser dan fenomena alam lainnya. Tapi, pertemuan dekat dengan gunung es pada 25 Juni memaksanya kembali ke pelabuhan.

Norwegian Sun untungnya tidak mengalami nasib serupa dengan Titanic sehingga tetap tegak mengikuti gundukan itu.

Laporan Berita ABC bahwa tak lama setelah berangkat, kapal menabrak gunung es kecil, dijuluki “pencerewet.” Rupanya, ini adalah nama yang diberikan untuk setiap gunung es yang memiliki “es kurang dari 3,3 kaki yang terlihat di atas air,” dan memiliki lebar berukuran kurang dari 6,6 kaki.

Menurut Cruise Hive, Matahari Norwegia menabrak gunung es karena “kabut tebal” dan jarak pandang berkurang saat berlayar. Tidak ada cedera yang dilaporkan dan kapal dapat terus berlayar melalui laut lepas.

Setelah melakukan kontak dengan ‘berg, Matahari Norwegia berbelok ke dermaga di Juneau, Alaska, di mana ia menjalani pemeriksaan keamanan.

Seorang juru bicara NCL mengatakan dalam sebuah pernyataan:

“Kapal berlayar ke Juneau, Alaska untuk penilaian lebih lanjut, di mana diputuskan bahwa pelayaran saat ini akan dipersingkat.

“Kapal itu diberi izin oleh Penjaga Pantai Amerika Serikat dan otoritas maritim lokal lainnya untuk kembali ke Seattle dengan kecepatan yang dikurangi.”

Foto dua gunung es yang mengambang di Alaska.

Gunung es! Lurus kedepan!
Foto: David McNew (Gambar Getty)

Setelah pemeriksaan telah dilakukan terhadap kapal dan lambungnyasemua tamu di kapal itu berlayar kembali ke Seattle, di mana perusahaan mengatakan mereka akan berangkat besok (30 Juni). Norwegian Cruises menambahkan bahwa mereka telah membatalkan perjalanan masa depan di atas kapal, yang dijadwalkan berangkat akhir pekan ini.

Juru bicara itu menambahkan: “Kami berkomunikasi dengan semua tamu yang terkena dampak secara langsung. Informasi tambahan akan diberikan sebagaimana mestinya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *