Pembalap Formula 1 yang Paling Banyak Lulus dalam Satu Musim

Charles Pic dari Marussia saat kualifikasi untuk Grand Prix Australia 2012.

Charles Pic dari Marussia saat kualifikasi untuk Grand Prix Australia 2012.
Foto: Clive Mason (Gambar Getty)

Tidak semua rekor Formula 1 sama persis di tingkat gengsi. Max Verstappen menjadi pembalap termuda yang pernah menang Grand Prix? Itu cukup keren. Menjadi pembalap yang membuat rekor sepanjang masa untuk dilewati paling banyak dalam satu musim? Memang kurang keren, tapi itulah perbedaannya Charles Pic harus menanggung.

Pembalap Prancis Charles Pic tidak pernah benar-benar menjadi bintang di F1. Tugasnya selama dua tahun sebagai pembalap dimulaimati dengan marussia pada tahun 2012 dan diakhiri dengan Caterham tahun berikutnya, selama waktu itu ia gagal mencetak satu poin dan mencatat finis terbaik di posisi ke-12 di Grand Prix Brasil 2012.

Tempat tertinggi ke-12 datang di akhir musim yang bermasalah untuk Pic. Selama tahun itu, ia dilewati oleh mobil lain sebanyak 70 kali, yang membuat sejarah. Sampai beberapa pengemudi malang lainnya diambil alih secara lebih teratur, ini adalah rekor yang akan selamanya dikaitkan dengan nama Pic. Dalam 20 musim balapan, itu berarti Pic dilewati 3,5 kali per balapan.

Tapi itu sebagian besar turun ke mobil. Tidak hanya gagal wajib Tes tabrakan FIAtetapi kecelakaan pengujian pertengahan musim akhirnya membunuh Maria de Villota, yang berada di belakang kemudi pada saat itu. Saat itu tidak menjadi ancaman aktif, Marussia sangat lambat; hanya HRT yang berkinerja lebih buruk tahun itu.

Itu adalah situasi yang tidak menguntungkan bagi Pic, yang telah menjadi pembalap yang cukup solid di seri feeder seperti Formula Renault dan GP2 dan telah mencetak kemenangan di trek seperti Monaco, Silverstone, dan Nürburgring. Pada tahun 2014, ia kehilangan kursinya di F1 dan menjadi test driver untuk Lotus sebelum berkompetisi di beberapa balapan Formula E. Sejak itu, dia agak turun dari grid. Tampaknya rekor malangnya tidak mudah untuk dijalani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *