Pekerja Bandara Tersedot Mesin Jet Diperingatkan untuk Mundur

Sebuah American Eagle Embraer 170, mirip dengan pesawat yang terlibat dalam insiden tersebut.

Sebuah American Eagle Embraer 170, mirip dengan pesawat yang terlibat dalam insiden tersebut.
Foto: Gambar AaronP/Bauer-Griffin/GC (Gambar Getty)

Bulan lalu, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional merilis laporan pendahuluannya pada suatu kejadian mengejutkan yang terjadi di Bandara Regional Montgomery Alabama. Pada Malam Tahun Baru 2022, seorang pekerja Utusan Udara terbunuh setelahnya tersedot ke dalam mesin jet dari Embraer 170. Penyelidik NTSB kini telah menyusun urutan peristiwa yang menyebabkan kecelakaan itu.

Pesawat yang terlibat dalam insiden fatal itu mendarat setelah penerbangan dari Dallas-Fort Worth ke Montgomery. Selagi Elang Amerika penerbangan lancar, unit daya tambahan (APU) Embraer tidak beroperasi selama penerbangan. APU menggerakkan semua non-propulsi pesawat peralatantermasuk sistem listrik, pneumatik dan hidrolik. Akibatnya, pilot memilih untuk pergi jet pesawat kecil itu mesin berjalan sampai pesawat terhubung ke ground power.

Kabarnya, awak darat sudah dua kali diberi pengarahan bahwa mesin jet pesawat akan bekerja saat pesawat diparkir. Perwira pertama dalam penerbangan tersebut bahkan mengingatkan agen ramp tentang hal ini melalui jendela kokpit. Laporan NTSB menyatakan:

“Kru darat melaporkan bahwa pengarahan keselamatan diadakan sekitar 10 menit sebelum pesawat tiba di gerbang. “Kerumunan” keselamatan kedua diadakan sesaat sebelum pesawat tiba di gerbang, untuk menegaskan kembali bahwa mesin akan tetap berjalan sampai daya darat tersambung. Didiskusikan juga bahwa pesawat tidak boleh didekati, dan berlian kerucut keselamatan tidak boleh dipasang sampai mesin mati, diputar ke bawah, dan lampu suar berputar pesawat telah dipadamkan oleh awak pesawat.

Menurut NTSB, terlepas dari banyak peringatan ini, rekaman video pengawasan dari bandara menunjukkan agen jalan yang tidak disebutkan namanya berjalan di sekitar pesawat Embraer dan melangkah di depan mesin jet nomor satu saat masih berjalan. Rekaman menunjukkan agen ditarik dari kaki mereka dan masuk ke turbin. Pilot merasakan pesawat bergetar hebat, dan mesin nomor satu mati secara otomatis.

Berdasarkan pekerja lain di tempat kejadianyang dimiliki agen ramp sudah terdorong sekali oleh knalpot mesin dan diperingatkan untuk menjauhi mesin sebelum insiden fatal terjadi.

Laporan catatan bahwa karyawan American Eagle manual menentukan “zona konsumsi untuk semua jenis pesawat adalah 15 kaki,” dan bahwa personel tidak boleh memasuki zona konsumsi sampai mesin atau mesin pesawat telah sepenuhnya berputar dan berhenti.

NTSB temuan awal, dan lebih banyak informasi mungkin terungkap saat penyelidikan berlanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *