Kapal Pesiar Menolak Mengangkut EV, Hibrida Karena Risiko Kebakaran

Sebuah kapal pesiar kecil mengapung dengan damai di fyord di depan air terjun.

Anda tidak ingin api litium di kapal mana pun, tetapi terutama kapal pesiar.
Foto: Havila Kystruten

Salah satu hal yang semakin terlihat dengan maraknya mobil listrik adalah kapan mereka terbakar, api itu sangat sulit dipadamkan. Ini berlaku untuk petugas pemadam kebakaran yang lengkap di lahan kering, tetapi bayangkan jika salah satu dari kebakaran itu terjadi di dalam kapal di laut.

Tidak sulit membayangkannya, karena terjadi pada kapal kargo Felicity Ace tahun lalu. Untung saja, sebagai kapal kargo, jumlah awak di dalamnya relatif minim. Bagaimana jika itu terjadi di kapal pesiar? Itulah pertanyaan jalur pelayaran Norwegia itu Havila Kystruten tanya perusahaan konsultan Proactima AS ketika pemerintah Norwegia memintanya untuk mulai mengangkut kendaraan di beberapa kapal pesiar pesisirnya. Jawabannya, seperti yang dilaporkan baru-baru ini oleh Maritime Executiveadalah “sama sekali tidak”.

Proactima AS menetapkan bahwa meskipun kapalnya canggih dan mampu menangani kebakaran petrokimia, risiko kebakaran litium atau bahkan hidrogen terlalu besar untuk dibenarkan. Selanjutnya, jika memang terjadi, kemungkinan memadamkannya tanpa membahayakan nyawa penumpang tidak sebanding dengan risikonya. Ini karena api lithium, selain terbakar sangat panas, juga menghasilkan banyak uap beracun.

Mengapa Kebakaran Tesla Tidak Mungkin Dipadamkan

Kapal baru Havila sendiri menggunakan baterai penyimpanan litium, tetapi perbedaan antara ini dan sel baterai di EV konsumen sangat signifikan. Misalnya, peraturan maritim menyatakan bahwa kapal yang menggunakan ini harus memilikinya di ruang tahan api yang terpisah dengan sistem pencegah kebakaran yang dirancang khusus untuk jenis baterai yang digunakan.

Apakah keputusan Havila Kystruten ini akan berdampak pada feri atau kapal pengangkut lainnya? Akankah, misalnya, sistem Washington State Ferry membatasi pengangkutan EV? Tindakan pencegahan apa yang akan diambil oleh kapal pengangkut besar untuk menjaga agar situasi seperti yang kita lihat di Felicity Ace tidak terjadi lagi?

Kami menghubungi Havila Kystruten untuk memberikan komentar tetapi tidak mendengar waktu untuk publikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *