Konstruksi Kereta Wisata Meksiko Mengungkap Artefak Langka Suku Maya

Gambar yang dihasilkan komputer dari Tren Maya--kereta wisata Meksiko.

Tren Maya adalah salah satu kereta langka yang sulit dicintai. Ini adalah proyek bernilai lebih dari $20 miliar yang dimaksudkan untuk membawa wisatawan ke jantung hutan hujan Meksiko di mana situs budaya penting yang sulit dijangkau menjadi bisnis besar untuk beberapa tempat termiskin di Meksiko. Namun pembangunan kereta ini secara aktif mengungkap, dan kemudian menghancurkan, situs-situs yang telah menarik wisatawan dari seluruh dunia.

Itu Washington Pos memiliki kedalaman (dan maksud saya dalam) selami Manuel Pérez Rivas, arkeolog pegawai negeri yang memimpin tim kecil yang diberi pekerjaan mustahil; mengadvokasi kekayaan budaya dalam menghadapi perkembangan yang sangat pesat. Pérez menghadapi pengucilan dari rekan-rekannya, tenggat waktu yang mustahil dari para pemimpin politik egomaniak, dan pertengkaran terus-menerus dengan kru konstruksi sambil mengungkap reruntuhan dan artefak yang benar-benar menakjubkan dari masa kejayaan peradaban Maya.

Pekerjaannya menuntut timnya menjelajahi bermil-mil hutan dan gua yang belum dijelajahi hanya dalam beberapa minggu dan menilai setiap penemuan dalam skala yang akan membuat sebagian besar situs dibuang ke tong sampah sejarah dengan sedikit atau tanpa penyelidikan. Dari Pos:

Tanah mulai miring tajam ke atas. Saat Pérez mendekati puncak yang tampak seperti bukit kecil, dia melihat sebuah batu pahat — batu bata pucat yang diukir dari batu kapur. Dia mengamati tanah di sekelilingnya.

Butuh beberapa saat baginya untuk menyadari: Dia sedang berdiri di atas piramida Maya raksasa yang terkubur.

“Dios mio,” katanya. “Tuhanku.”

Kemudian dia melihat gundukan tanah lainnya muncul dari lantai hutan. Itu lebih dari satu piramida.

Pérez dan timnya berada di pusat desa Maya yang tersembunyi dan belum pernah ditemukan sebelumnya.

[…]

Itu terasa seperti acara TV realitas yang menyimpang: Pilih barang antik mana yang akan dihilangkan.

“Dekonstruksi,” kata peta internal pemerintah di sebelah setiap monumen yang tidak dipotong. Sejauh ini, ada lebih dari 25.000 di antaranya.

Arkeolog juga menemukan lebih dari 600.000 fragmen keramik kuno dan 450 sisa-sisa manusia. Mereka sudah telah menemukan lebih dari 900 gua dan lubang runtuhan, saluran ke dunia bawah Maya yang akan segera dilalui atau dilewati oleh kereta api.

Setelah selesai, Tren Maya akan menjadi kereta sepanjang 948 mil yang menghubungkan beberapa bagian termiskin Meksiko dengan beberapa tujuan wisata utama di sepanjang Semenanjung Yucatán. Ini merupakan bencana di berbagai bidang, tidak terkecuali kereta seberat 217 ton, yang memiliki kecepatan tertinggi 90 mph, akan melaju di atas tanah keju swiss oleh gua, gua, dan sungai bawah tanah terpanjang di dunia, menurut Waktu New York. Bukan tempat yang stabil untuk membangun kereta. Konstruksi tersebut juga telah menghancurkan hutan hujan dan habitat yang berharga bagi beberapa hewan paling terancam punah di dunia, serta melanggar hak dan tanah masyarakat adat.

Karya ini sangat mendetail dalam segala hal mulai dari sejarah singkat orang Maya dan kepentingan mereka di wilayah tersebut hingga mekanik politik yang membuat pekerjaan Pérez hampir mustahil. Penggunaan fotografi yang indah sepanjang cerita hanyalah bonus. Temukan di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *