Gunung Api Mauna Loa Bisa Memutuskan Jalan Raya Utama di Pulau Hawaii

Deretan kendaraan menuju aliran lahar

Sederetan mobil akan mengunjungi kekuatan alam yang hampir tak terbendung
Foto: Ronit Fahl/AFP (Gambar Getty)

Aliran lahar sedang menuju ke salah satu jalan raya terpenting di Hawaii, dan jumlahnya tidak banyak siapa pun dapat melakukan untuk menghentikannya. Berdasarkan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS)Mauna Loa, salah satu dari lima gunung berapi yang membentuk “Pulau Besar” Hawaii, mulai meletus sekitar pukul 23:30 pada tanggal 27 November. Mauna Loa, gunung berapi aktif terbesar di dunia, mulai menyemburkan air mancur lava setinggi hampir 150 kaki. Saat letusan berlanjut, terlihat jelas bahwa aliran lahar membahayakan Jalan Tol Daniel K. Inouye. Dan ini tidak seperti Anda bisa mengarahkan lahar panas begitu saja.

Sebuah laporan status diterbitkan pada hari Minggu oleh USGS menyatakan bahwa bagian depan aliran lahar berjarak 2,25 mil dari Jalan Raya Daniel K. Inouye. Jalan ini satu-satunya koneksi pedalaman antara dua pulau terbesar di Big Island daerah berpenduduk, Hilo di pantai timur dan Kailua-Kona di pantai barat. Laporan tersebut juga menyatakan bahwa arus bergerak maju dengan kecepatan rata-rata 40 kaki per jam (0,0076 mil per jam), melambat dari sebuah puncak sebesar 0,025 mil per jam dilaporkan pada hari Kamis. Tetapi USGS menunjukkan bahwa kecepatan dan arah aliran bisa sangat bervariasi, sehingga sulit untuk memprediksi kapan, atau apakah, lava panas akan mencapai jalan raya.

Tidak banyak yang bisa dilakukan secara realistis untuk menghentikan aliran lahar. Tindakan potensial apa pun untuk mengalihkan aliran akan sangat mahal dan tidak mungkin berhasil. Pada tahun 1935, Korps Udara Angkatan Darat AS mengebom aliran lava Mauna Loa dalam upaya mengarahkannya kembali, yang tidak melakukan apa-apa. Pada tahun 2001, 30 buldoser membangun bumi dan tanggul batu untuk mengalihkan a Gunung Etna aliran lava di Sisilia, Italia, yang terbukti jauh lebih sukses daripada membom lava tetapi sama sekali tidak menjamin kesuksesan.

Representasi peta potensi penutupan jalan raya antara pos mil 8.8 dan 28

Rencana HDOT untuk penutupan jalan raya vulkanik
Grafis: Departemen Perhubungan Hawaii

Departemen Transportasi Hawaii (HDOT) belum menutup Jalan Raya Inouye, tetapi telah diterbitkan rencana awal untuk melakukannya. Rencana HDOT saat ini akan menutup jalan raya antara mileposts 8.8 dan 28. Orang yang mengemudi dari satu sisi pulau ke yang lain harus menggunakan jalan raya pantai pulau itu, Jalan Raya 11 dan 19. Jika rencana tersebut dilaksanakan, penduduk hanya akan mendapat pemberitahuan 6 jam sebelum jalan memutar diberlakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *