Alaska Airlines Luncurkan Electronic Bag Tag Program, Pertama di AS

Gambar untuk artikel berjudul Alaska Airlines Meluncurkan Electronic Bag Tag Program, Pertama di AS

Foto: Maskapai Alaska (Gambar Getty)

Maskapai Alaska berharap dapat menawarkan kepada semua penumpangnya kesempatan untuk melewati antrean di konter pemeriksaan bagasi. Maskapai ini sekarang menjadi yang pertama di Amerika Serikat yang meluncurkan program tag tas elektronik. Alaska akan menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras dari perusahaan Belanda bernama BAGTAG. Beberapa maskapai internasional besar, seperti Lufthansa, KLM dan China Southern, saat ini menggunakan teknologi tag tas elektronik BAGTAG. Tetapi apakah itu akan diadopsi secara luas di sini di AS?

Menurut siaran pers Alaska Airlines, operator mengirimkan 2.500 perangkat BAGTAG ke anggota Mileage Plan minggu ini untuk menguji coba sistem tersebut. Preferensi ditunjukkan kepada anggota berstatus elit yang mendaftar untuk program tersebut, bepergian dengan maskapai dalam 12 bulan terakhir dan memeriksa setidaknya satu tas. Perangkat tiga kali lima inci terpasang ke bagasi dengan zip tie terintegrasi. Tag tas elektronik diperbarui dengan informasi penerbangan selama check-in melalui aplikasi smartphone Alaska Airlines. Artinya tidak perlu menunggu di loket pemeriksaan atau berhenti di kios komputer di bandara. Cukup serahkan tas Anda di lokasi yang ditentukan dengan tag tas yang diaktifkan dan diperbarui.

Alaska Airlines meluncurkan program tag tas elektronik

“Hal terakhir yang ingin dilakukan tamu kami adalah mengantre,” kata Charu Jain, wakil presiden senior merchandising dan inovasi Alaska. “Dengan tambahan tag tas elektronik Alaska Airlines, tamu kami dapat menyelesaikan hampir semua tugas check-in mereka – mulai dari kenyamanan rumah, di tempat kerja, atau dalam perjalanan hingga mengejar penerbangan.”

Alaska memperkirakan bahwa sistem label tas elektronik akan memangkas waktu yang dihabiskan penumpang di lobi bandara hingga 40 persen. Maskapai ini juga mengklaim bahwa perangkat BAGTAG tidak perlu diisi ulang atau dipasangi baterai pengganti. Diduga, karyawan Alaska menguji daya tahan perangkat dengan menabraknya dengan truk.

Perangkat tag tas elektronik Alaska Airlines akan tersedia untuk dibeli pada tahun 2023 dan akan berfungsi di semua penerbangan yang dipasarkan Alaska Airlines yang dioperasikan oleh Alaska Airlines, Horizon Air, dan SkyWest Airlines. Harga eceran belum diungkapkan tetapi diperkirakan sekitar $70 berdasarkan biaya perangkat BAGTAG standar. Meskipun kenyamanan yang ditawarkan sangat menarik, saya agak skeptis, terutama jika Alaska akan menjadi satu-satunya operator yang dapat saya gunakan dengan label tas elektronik. Jika semua maskapai besar AS menggunakan sistem ini, saya tidak akan ragu untuk membelinya sebagai frequent flyer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *