Mengapa Tanda Jalan Raya AS Hijau?

Satu set tanda tujuan rute hijau di atas jalan raya California

Foto: Gabriel Bouys/AFP (Gambar Getty)

Tanda-tanda jalan raya adalah bagian mana-mana dari ikonografi infrastruktur Amerika. Perisai jalan raya AS mungkin adalah potongan aluminium produksi massal yang paling terkenal di negara ini. Namun, tanda-tanda hijau yang tak terhitung jumlahnya titik itu di setiap jalan raya adalah kebutuhan pokok untuk jutaan perjalanan, dari perjalanan sehari-hari hingga perjalanan liburan. Ini menyediakan semua informasi yang diperlukan untuk menavigasi sistem, seperti pintu keluar yang akan datang dan jarak tempuh ke tujuan yang lebih jauh. Selain itu, desain rambu-rambu ini sebagian besar sama sejak pembuatan Sistem Jalan Raya Antar Negara Bagian. Namun, mengapa hijau dipilih sebagai warna resmi?

Berdasarkan Departemen Perhubungan Arizona, hijau digunakan karena merupakan warna yang “dingin”. Latar belakang tanda hijau cenderung berbaur dengan warna hijau, biru, dan cokelat lanskap alam, sekaligus memberikan permukaan kontras yang bagus untuk teks putih. John LaBarbera, petugas informasi publik ADOT, menyatakan, “Itu cukup menyatu untuk dianggap sebagai bagian dari pemandangan, tetapi cukup menonjol untuk diperhatikan saat Anda membutuhkannya.” Penjelasan dari ADOT ini mencakup garis penalaran intuitif di balik pemilihan warna.

Standar hijau untuk rambu petunjuk berasal dari Manual tentang Perangkat Lalu Lintas Seragam (MUTCD). Edisi pertama MUTCD diterbitkan pada tahun 1935 oleh American Association of State Highway Officials (AASHTO hari ini), sebuah badan standar yang terdiri dari perwakilan dari setiap departemen transportasi negara bagian. Manual awal terutama difokuskan pada marka jalan, rambu peringatan berlatar belakang hitam-kuning, dan rambu peraturan berlatar belakang hitam-putih di seluruh negeri. Tidak ada standar untuk rambu petunjuk karena perjalanan darat jarak jauh masih belum biasa seperti yang kita temukan sekarang. Pelancong diharapkan menggunakan penanda rute dan peta mereka sendiri.

Tanda panduan secara resmi distandarisasi sebagai tanda latar belakang putih-hijau pada tahun 1954, dua tahun sebelum berlalunya Interstate Highway Act. Amandemen yang signifikan ini dimasukkan dalam suplemen 15 halaman untuk MUTCD edisi 1948. Suplemen ini juga mengamanatkan bahwa tanda berhenti berupa teks putih dengan latar belakang merah. Sebelum perubahan ini, rambu berhenti diperbolehkan berupa teks hitam atau merah dengan latar belakang kuning, sejalan dengan rambu peringatan lainnya.

Rambu panduan secara resmi dibakukan sebagai rambu berlatar belakang putih-hijau pada tahun 1954, dua tahun sebelum berlakunya Undang-Undang Jalan Raya Antarnegara Bagian. Amandemen yang signifikan ini dimasukkan dalam suplemen 15 halaman untuk MUTCD edisi 1948. Suplemen ini juga mengamanatkan bahwa tanda berhenti berupa teks putih dengan latar belakang merah. Sebelum perubahan ini, rambu berhenti diperbolehkan berupa teks hitam atau merah dengan latar belakang kuning, sejalan dengan rambu peringatan lainnya. AASHO menghindari tanda merah pada tahun 1930-an karena cat merah yang tahan pudar belum ada.

Reka ulang teks hitam vintage pada tanda berhenti berlatar belakang kuning.

Foto: artismac / flickr

Edisi 2009 saat ini Manual tentang Perangkat Lalu Lintas Seragam mencantumkan standar untuk warna rambu petunjuk di Bagian 2D.03.02:

“Kecuali jika ditentukan lain dalam Manual ini untuk rambu individu atau kelompok rambu, rambu petunjuk di jalan dan jalan raya harus memiliki pesan putih dan berbatasan dengan latar belakang hijau. Semua pesan, batas, dan legenda harus retroreflektif dan semua latar belakang harus retroreflective atau diterangi.

Tanpa standar ini, Amerika Serikat bisa berakhir dengan kaleidoskop warna tanda. Arizona bahkan pernah bereksperimen dengan tanda berkode warna berdasarkan arah. Biru untuk rambu arah barat, coklat untuk rambu arah timur, oranye untuk rambu arah utara dan hijau untuk rambu arah selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *