Mengangkat Mobil Reli Langsung Dari Pabrik

Porsche 911 Dakar 2023 melaju di padang pasir di samping mobil balap Carrera 4WD 1984.

Ini adalah tempat sampah khusus yang luar biasa, Anda harus akui.
Foto: Porsche

Semua orang tahu bahwa Porsche telah menghabiskan seluruh sejarahnya 911 (sekitar 60 tahun pada saat ini) membalap habis-habisan dari mobil sport bermesin belakang. Yang lebih sedikit orang tahu adalah bahwa sebagian besar balapan itu terjadi di luar jalan raya. Bahkan, pada tahun 1984, Porsche mengambil a 911 Karreramenambahkan penggerak empat roda, dan mengambil mobil itu, dijuluki 953, ke posisi pertama dalam balapan Paris-Dakar yang melelahkan. Mengapa saya berbicara tentang balapan yang terjadi 38 tahun yang lalu? Karena Porsche – perusahaan yang selalu bersandar pada warisannya – telah memutuskan untuk membawa perawatan Dakar 911 generasi 992 saat ini. Hasilnya adalah ini: Porsche 911 Dakar 2023, dan itu benar-benar luar biasa.

Porsche 911 Dakar 2023 abu-abu hijau dengan rak atap diparkir di depan latar belakang hitam.

Foto: Porsche

Porsche 911 Dakar 2023 menampilkan mesin dari Carrera GTSmeskipun dengan beberapa modifikasi untuk berkendara off-road. Modifikasi ini termasuk penghapusan intercooler tengah (untuk ground clearance yang lebih baik), diganti dengan intercooler samping dari 911Turbo. Ini, ditambah dengan airbox baru yang dirancang untuk mencegah intrusi kotoran dan debu berarti 911 Dakar bagus untuk tenaga 473 hp dan torsi 420 lb-ft. Penggerak ini dipasangkan secara eksklusif dengan girboks otomatis PDK delapan kecepatan dan sistem penggerak semua roda dari Carrera 4.

Tentu saja, seperti yang Anda duga, ini adalah pengaturan suspensi yang menjadi sangat menarik. Suspensi dua mode yang dapat disesuaikan ketinggiannya menawarkan ground clearance 6,3 inci dalam mode standar, meningkat menjadi 7,5 inci yang benar-benar mengesankan dalam mode tinggi. Menariknya, penyesuaian ketinggian Dakar tidak berasal dari suspensi udara. Sebaliknya, Porsche menggunakan teknologi yang sama yang digunakannya untuk sistem lift front-end dan menerapkannya di keempat sudutnya. Mudah-mudahan itu akan berakhir menjadi lebih kuat dari udara, setidaknya.

Di Dakar ketinggian menawarkan izin yang layak (untuk mobil sport), termasuk sudut pendekatan 16,1 derajat dan sudut breakover 19 derajat dalam mode tinggi. (Kami bertanya kepada Porsche tentang sudut keberangkatan, yang penting dan mungkin agak sulit dilakukan dengan mobil sport bermesin belakang, tetapi perwakilan perusahaan tidak memiliki nomor pasti.)

Porsche benar-benar mengerjakan paket elektronik mobil, karena jenis kontrol peluncuran, kontrol traksi, dan kontrol stabilitas yang Anda inginkan pada mobil jalanan sangat berbeda dari yang Anda inginkan di tanah atau kerikil. Sistem kontrol peluncuran Porsche yang luar biasa dari 911 normal telah di-tweak untuk memungkinkan wheelpin sekitar 20 persen lebih banyak, misalnya. Dan mobil diatur untuk memungkinkan banyak slide besar dan kotor dalam mode Rallye. Mode Off-Road jauh lebih terkunci, dimaksudkan untuk berjalan lambat di medan yang kasar.

Tentu saja, tanpa satu set ban off-road yang sebenarnya, ini hanya akan menjadi 911 berbalut plastik hitam, dengan tinggi canggung. Syukurlah, Porsche meminta Pirelli untuk merancang ban off-road resmi pertama yang dipasang pada Porsche 911 dari pabrik. . Ban menawarkan pola tapak yang cukup tebal, tetapi pikirkan lebih baik untuk semua medan daripada ban medan lumpur atau kerikil, tetapi jangan berpikir bahwa ban tersebut hanya bagus di tanah. Perwakilan Porsche mengklaim bahwa 911 Dakar menjilat Nordschliefe dengan cara yang sama seperti yang dilakukan 996 GT3. Itu terjadi beberapa generasi yang lalu, tapi itu juga terjadi pada beberapa ban yang cukup agresif.

Porsche 911 Dakar 2023 diparkir di depan kincir angin dan pompa bensin.

Foto: Porsche

Bagian mobil lainnya menawarkan banyak anggukan pada mobil reli 953 klasik, termasuk paket Rallye opsional yang melapisi mobil dengan livery throwback yang sesuai dengan sponsor lama Rothman. Warnanya sama, tetapi pintunya bertuliskan “Roughroads” sekarang – pelesetan, dan cara Porsche untuk menghindari mengiklankan merek rokok Inggris yang sudah tidak berfungsi di mobil sport barunya. (Porsche dapat dimengerti tidak ingin mempromosikan merokok apa pun selain ban dan sosis Jerman.) Paket Rallye juga dilengkapi dengan keranjang atap yang mematikan dan bilah lampu terintegrasi. 911 Dakar juga mendapatkan spoiler decklid belakang yang dipesan lebih dahulu yang terlihat seperti tempat yang sempurna untuk meletakkan peta reli dan berteriak pada co-driver Anda karena membuat Anda tersesat.

Porsche telah memutuskan 911 Dakar terlalu keren untuk memasuki produksi seri normal, dan karena itu, hanya diproduksi terbatas 2.500 unit. Sifat terbatasnya agak mengecewakan, tetapi dengan banderol harga awal $223.450 termasuk biaya tujuan $1.450, kemungkinan besar, Anda akan memiliki masalah yang lebih besar untuk mendapatkan satu daripada menemukan alokasi. Bagi Anda yang bermain di rumah, banderol harga itu hanya sedikit di bawah GT3 RS yang juga sangat mahal dengan harga $225.250 dan 911 Sport Classic entah bagaimana lebih mahal dengan harga $273.750.

Carilah keindahan Dakar ini di jalanan yang akan datang pada Musim Semi 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *