Ikan Ini Memiliki Lampu Depan

Gambar untuk artikel berjudul Ikan Ini Memiliki Lampu Depan

Tangkapan layar: YouTube / National Geographic

Itu laut dalam adalah alam‘s Departemen Teknik. Makhluk yang hidup di kedalaman air asin telah mengadaptasi beberapa cara menakjubkan untuk bertahan hidup dan berkembang di habitat ekstrem mereka. Seperti spesies ini: Anomalops katoptron, lebih dikenal sebagai senter ikan, dinamakan demikian karena patch bioluminescentnya. Jika Anda bertanya kepada saya, ini adalah lampu depan.

Saya pertama kali belajar tentang ikan senter di Twitter melalui video yang menunjukkan sekelompok kecil orang-orang kecil ini di akuarium di ruangan gelap. Dalam konteks ini, dengan sedikit pencahayaan latar belakang, lampu depan biru kehijauan mereka sangat menonjol. Saksikan berikut ini:

Di habitat aslinya, Anda akan sangat jarang melihat ikan senter dengan begitu jelas. Mereka nongkrong di sepanjang terumbu karang, menggunakan lampu kecil mereka untuk membantu mereka melihat mencari makanan dan berenang di sekolah.

Patch bioluminescent itu adalah contoh simbiosis yang menarik juga: Cahaya berasal dari bakteri luminescent yang tumbuh di patch yang saya sebut sebagai lampu depan. Ikan senter berevolusi untuk mengirim oksigen ekstra ke tempat di mana bakteri luminescent tumbuh, memungkinkan bakteri berkembang dan menciptakan cahaya yang berguna bagi ikan.

Ikan bahkan dapat menyalakan dan mematikan lampu depan kecil mereka, tergantung pada apakah mereka membutuhkan penerangan untuk melihat di sekitar mereka atau kegelapan untuk bersembunyi dari pemangsa.

Para ilmuwan masih mempelajari tentang ikan senter dan bagaimana mereka menggunakan bioluminesensi untuk keuntungan mereka. Berikut video menyenangkan dari National Geographic — Anda dapat mendengar kegembiraan dalam suara ahli biologi kelautan David Gruber saat dia menjelaskan bagaimana dia dan kru filmnya terjadi di kumpulan ikan senter ini.

Ikan Kecil Gunakan Bakteri untuk Menyala dalam Gelap | Nasional geografis

Sekarang kita hanya perlu mencari cara untuk memberi lampu belakang pada orang-orang kecil ini — mungkin beberapa lampu trailer universal-fit untuk memulai?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *