Musim Konyol McLaren dan Berpotensi Menandatangani Oscar Piastri

Pembalap McLaren saat ini Lando Norris (kiri) dan Daniel Ricciardo (kanan)

Pembalap McLaren saat ini Lando Norris (kiri) dan Daniel Ricciardo (kanan)
Foto: Peter J Fox (Gambar Getty)

Kisah terbesar yang sedang berlangsung di motorsport internasional adalah nasib kursi balap F1 McLaren yang saat ini ditempati oleh Daniel Ricciardo. pperselisihan olitik yang terlibat untuk pengemudi untuk mengamankan tempat di Formula 1 kejuaraan untuk musim mendatang, adalah salah satu hal favorit saya. SEBUAHnd tahun ini telah disampaikan dalam sekop. Ada intrik transatlantik, kutipan driver palsu, beberapa perselisihan kontrak, dan gugatan perdata di pengadilan federal AS dengan tweet yang diajukan sebagai bukti. Mari kita rekap apa yang telah terjadi sejauh ini saat kita dengan cepat mendekati jawaban atas pertanyaan siapa yang akan berkendara bersama Lando Norris di McLaren pada tahun 2023.

Pada bulan Februari, Lando Norris menandatangani perpanjangan kontrak untuk tetap di McLaren hingga musim 2025. Perpanjangan dilaporkan bernilai $ 96,6 juta dan tidak menampilkan klausa keluar. Komitmen jangka panjang semacam ini jarang terjadi di Formula Satu, tetapi waktu, mereka berubah. Kesepakatan serupa telah dibuat selama setahun terakhir untuk melindungi fenomena muda dari perburuan oleh tim lain, Charles Leclerc dengan Ferrari, dan Max Verstappen dengan Red Bull.

Perpanjangan itu juga berarti bahwa rekan setim Norris Daniel Ricciardo akan berada di bawah tekanan langsung jika McLaren mengisyaratkan kemungkinan pebalap pindah. Tim Inggris tidak butuh waktu lama untuk membuat petunjuk besar. Pada bulan Maret, seminggu sebelum balapan pertama musim F1 2022, McLaren menandatangani Colton Herta untuk kontrak pengujian dan pengembangan. Pebalap Amerika berusia 20 tahun yang menjanjikan di Andretti Autosport sedang berlomba memasuki musim IndyCar keempatnya. Padahal, Herta bukan satu-satunya pesaing IndyCar untuk musim ini.

Selama minggu terakhir bulan Mei, McLaren mengundurkan diri Pato O’Ward untuk tetap sebagai tim IndyCar sendiri hingga musim 2025. Sebagai bagian dari kontrak, pembalap Meksiko berusia 23 tahun akan mendapatkan beberapa bentuk waktu kursi F1. O’Ward telah finis di posisi lima besar dalam kejuaraan seri di semua tiga musim dia membalap untuk McLaren. Meskipun telah mengumpulkan hasil yang mengesankan, McLaren tampaknya ingin mendapatkan ikan yang lebih besar.

Pada 12 Juli, Chip Ganassi Racing mengumumkan bahwa mereka menggunakan opsi kontrak untuk mempertahankan juara bertahan IndyCar Alex Palou untuk musim 2023. Beberapa jam kemudian, McLaren mengumumkan bahwa mereka menandatangani Palou untuk program McLaren Racing yang akan dikonfirmasi. Ini juga dilengkapi dengan serangkaian posting di Twitter oleh Palou yang menyatakan bahwa dia tidak berniat mengemudi untuk Ganassi pada tahun 2023. Dua minggu kemudian, Ganassi mengajukan gugatan perdata terhadap pemain Spanyol berusia 25 tahun itu. Zak Brown, CEO McLaren Racing, telah menyatakan bahwa tim percaya Palou adalah agen bebas dan tidak berniat membeli sisa kontrak Palou dari Ganassi.

Oscar Piastri menandatangani tanda tangan untuk penggemar Daniel Ricciardo yang mungkin sekarang hancur

Oscar Piastri menandatangani tanda tangan untuk penggemar Daniel Ricciardo yang mungkin sekarang hancur
Foto: Steven Markham/Ikon Sportswire (Gambar Getty)

Dengan ketidakpastian seputar status kontrak Palou, McLaren harus beralih ke apa yang tampaknya menjadi pilihan pasti untuk pengganti Ricciardo. Juara F2 2021 Oscar Piastri menghabiskan musim ini sebagai pembalap cadangan di Alpine F1 Team. Tanpa lowongan di Alpine, Piastri mencari peluang untuk balapan pada 2023 dan dikabarkan hampir mencapai kesepakatan untuk bergabung dengan McLaren. Secara bersamaan, Aston Martin mengumumkan bahwa juara F1 dua kali Fernando Alonso akan meninggalkan Alpine untuk menggantikan juara empat kali Sebastian Vettel yang sudah pensiun.

Dalam kekacauan itu, Alpine mengumumkan bahwa Piastri akan menggantikan Alonso di tim untuk musim 2023. Sama seperti Palou, pebalap Australia itu memposting di Twitter bahwa dia tidak berniat membalap untuk Alpine. Padahal, McLaren belum secara resmi mengumumkan bahwa Piastri telah menandatangani kontrak dengan tim tersebut. Laporan terbaru mengklaim bahwa tim Inggris telah memberi tahu Daniel Ricciardo bahwa dia akan membalap pada tahun 2023 dan bahwa dia akan digantikan oleh rekan senegaranya, tetapi tidak ada pernyataan resmi yang dibuat.

Hanya waktu yang akan menentukan siapa yang benar-benar akan menjadi rekan setim Lando Norris musim depan. Padahal, jawaban itu masih akan meninggalkan begitu banyak pertanyaan lain yang belum terjawab. Apa yang akan menjadi hasil dari Ganassi-gugatan Palu, dan di mana dia akan balapan pada tahun 2023? Siapa yang akan ditandatangani oleh Alpine dan Ganassi untuk mengisi lowongan mereka jika mereka tidak dapat mempertahankan pembalap mereka? Apa yang akan terjadi dengan keluarnya, dalam lebih dari satu cara, Daniel Ricciardo? ‘Ini musim yang konyol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *