Mengapa Rally Finland adalah Putaran Tercepat WRC

Pembalap Finlandia Jari Huttunen (pengemudi) dan Mikko Lukka (pengemudi) di M-Sport Ford Puma Rally1

Pembalap Finlandia Jari Huttunen (pengemudi) dan Mikko Lukka (pengemudi) di M-Sport Ford Puma Rally1
Foto: Massimo Bettiol (Gambar Getty)

negeri seribu danau” benar-benar indah. Hutan gelap yang membentang ke cakrawala dan danau yang tak terhitung jumlahnya yang mengotori medan berhutan adalah pemandangan yang harus dilihat. Bahkan mungkin lebih menarik untuk dilihat, karena ini akhir pekan, Kejuaraan Reli Dunia FIA melanjutkan musim ke-50 melalui cFinlandia bagian tengah.

Reli akhir pekan ini bisa dijadwalkan menjadi reli tercepat yang pernah diadakan dalam sejarah kejuaraan. WRC akan mengeluarkan mobil hybrid Rally1 baru dari kategori ini untuk pertama kalinya. Mobil Rally1 akan sepenuhnya memanfaatkan dorongan 134-hp yang disediakan oleh motor listrik untuk menciptakan momen akselerasi yang tidak masuk akal pada satu-satunya hal yang lebih ideal daripada lanskap Finlandia — -nya jalan kerikil.

Esapekka Lappi Shakedown Onboard | Reli Sektor WRC Finlandia 2022

Itu jalan kerikil ditampilkan dalam Tahapan Rally Finland telah digambarkan sebagai yang ideal dan terbaik di kejuaraan oleh pembalap WRC selama beberapa generasi. mereka adalah jalan yang lebih lebar relatif terhadap putaran lain, dan kerikil dikemas dengan cukup baik. Apalagi, sebagian besar sudut cukup bertahap dan menyapu. Hal ini memungkinkan kru mobil untuk mempertahankan kecepatan yang jarang terlihat di sisa musim.

Kecepatan tinggi itu membuat reli ini menjadi disebut sebagai Gravel Grand Prix. Seberapa cepat Rally Finland? Sembilan dari sepuluh reli WRC tercepat adalah edisi Rally Finland.

Reli WRC Tercepat dengan Kecepatan Rata-Rata Pemenang

  1. 2016 Reli Finlandia – 78,68 mph
  1. Reli Finlandia 2017 – 78,39 mph
  2. 2015 Reli Finlandia – 77,94 mph
  3. Reli Swedia 2020* – 77,22 mph
  4. Reli 2021 Finlandia – 76,88 mph
  5. Reli Finlandia 2012 – 76,36 mph
  6. Reli Finlandia 2010 – 76,30 mph
  7. 2018 Reli Finlandia – 76,16 mph
  8. 2005 Reli Finlandia – 76,11 mph
  9. Reli Finlandia 2019 – 76,11 mph

Saya harus mencatat bahwa satu-satunya alasan mengapa Rally Swedia melanggar batas kecepatan eksklusif Finlandia adalah karena jarak balapan 2020 dipersingkat hampir setengahnya karena kurangnya salju.

Kalle Rovanper dari Finlandia (pengemudi) dan Jonne Halttunen (pengemudi) di Toyota GR Yaris Rally1

Kalle Rovanper dari Finlandia (pengemudi) dan Jonne Halttunen (pengemudi) di Toyota GR Yaris Rally1
Foto: Massimo Bettiol (Gambar Getty)

Dengan tuntutan akan presisi dan keakraban ini, Finlandia telah terbukti menjadi benteng bagi para pebalap reli Nordik. Dimulai dengan dua kali Juara Dunia Reli Spanyol Carlos Sainz pada tahun 1990, pembalap non-Nordik hanya memenangkan Reli Finlandia sembilan kali. Maklum, favorit akhir pekan ini adalah Kalle Rovanper milik Toyota. Dia bukan hanya orang Finlandia tapi juga hanya satu dari Jyväskyl, kota tuan rumah pangkalan reli. Rovanper nyaris tak terhentikan musim ini. Dia telah memenangkan lima dari tujuh reli sejauh ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *